Pengumuman

Tanpa Antrian, Wagub Sumbar Minta Masyarakat Gunakan e-Samsat

10-04-2022


SAWAHLUNTO -- Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy berkunjung ke Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah Samsat (UPTD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Sawahlunto, Jln. Soekarno Hatta Sawahlunto, Sabtu (9/4/2022).
Dalam kunjungannya ke Samsat Sawahlunto,  Wagub Audy Joinaldy yang didampingi oleh Kepala Bapenda Sumbar Maswar Dedi disambut langsung Kepala UPTD Samsat Sawahlunto, Daswar Septria bersama staf.
"Kami sengaja meninjau pelayanan yang ada di Samsat ini. Pelayanan dan kecepatan bekerja yang ada disini cukup bagus," kata Audy.
Menurutnya semua wajib pajak harus dilayani dengan baik. Ia pun berharap tidak ada lagi antrean di loket.
Audy inginkan untuk mengurai antrean, masyarakat bisa melakukan pembayaran dengan sistem elektronik (e-samsat), itu untuk pembayaran pajak tahunan.
"Artinya untuk pembayaran pajak kendaraan tahunan ini tidak perlu lagi datang ke Samsat untuk antre. Ini yang kita inginkan," harapnya.
Untuk mendukung mobilitas, sudah disediakan pembayaran pajak kendaraan melalui daring (online), yaitu e-Samsat. e-Samsat merupakan website dan aplikasi yang mendukung pembayaran pajak secara daring.
Dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan, Daswar Septria menyampaikan Samsat Kota Sawahlunto telah membuka pelayanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Sawahlunto.
"Tujuannya pelayanan di MPP Sawahlunto agar lebih mudah masyarakat membayar pajak. Masyarakat bisa memilih tempat yang lebih dekat," sebut Daswar Septria. (nov)
Dinas Kominfotik Sumbar