Pengumuman

Rapat Koordinasi Kepala Bapenda Ke Kementrian ESDM RI Dalam Penerimaan Dana Bagi Hasil Sumber Daya Alam

24-05-2022


Selasa, 24 Mei 2022. Kepala Bapenda Bapak Maswar Dedi, didampingi Kabid Retribusi dan PLL , Yusta Noverison, menghadiri acara rapat koordinasi dan rekonsiliasi penerimaan dana bagi hasil sumber daya alam dari minyak dan gas bumi serta panas bumi. Acara ini di selenggarakan oleh Kementerian ESDM Republik Indonesia bertempat di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta.

Ada beberapa pembahasan yang di bahas dalam forum ini, diantaranya adalah rekonsiliasi penerimaan PNBP dari minyak dan gas bumi oleh pemerintah pusat dan daerah penghasil, isu yang berkaitan dengan di berlakukannya UU No. 1 Tahun 2022 tentang hubungan keuangan pusat dan daerah serta dampaknya terhadap dana bagi hasil yang akan di terima daerah dan persoalan yang berkaitan dengan potensi penerimaan dari pajak air bawah tanah yang dimanfaatkan oleh perusahaan perusahan yang mengeksplorasi minyak dan gas bumi.

Bagi Sumatera Barat kegiatan ini sangat berarti dan merupakan kegiatan yang penting karena pada Tahun 2022 ini target penerimaan dari DBH SDA Panas Bumi baru di angka 3,9 Milyar dan diharapkan untuk tahun tahun kedepan terus meningkat. Apalagi dengan telah beroperasinya beberapa perusahaan di di sektor panas bumi di Sumatera Barat tentu ini akan semakin memberikan harapan bagi peningkatan pendapatan daerah dari dana bagi hasil ini.