Pengumuman

Tiga Hari Bertugas, Kapolda Sumbar Inspeksi Mendadak Pelayanan Di Samsat Padang

26-10-2022


PADANG - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol. Suharyono melakukan inspeksi mendadak ke UPTD Samsat Padang untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan sesuai prosedur.

"Tiga hari bertugas di Sumbar saya sudah mendapatkan laporan dari Dirlantas bahwa pelayanan di UPTD Samsat berjalan dengan baik. Tapi sebagai pimpinan saya harus memastikan sendiri," katanya usai meninjau setiap pos pelayanan di Samsat Padang, Rabu (26/10/2022).

Kapolda memperhatikan SOP pelayanan mulai dari pendaftaran, validasi, pembayaran hingga pencetakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Ia juga meninjau fasilitas umum yang disediakan untuk masyarakat yang sedang menunggu.

Tidak puas hanya meninjau, Kapolda berbincang-bincang dengan wajib pajak yang tengah antre membayarkan kewajibannya. Mencari tahu tentang kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan.

"Hasil sidak cukup memuaskan. Pelayanan di Samsat Padang berjalan sesuai prosedur dan masyarakat yang membayar pajak juga puas dengan pelayanan yang diberikan," ujarnya.

Namun ia tetap meminta semua pihak yang berkolaborasi di UPTD Samsat yaitu kepolisian, Pemprov Sumbar dan jasa Raharja untuk tidak berpuas diri. Inovasi untuk mempermudah pelayanan harus terus diupayakan karena pajak kendaraan adalah tulang punggung pendapatan daerah.

Kepala PTD Samsat Padang, Mistar menyebut kolaborasi antara tiga instansi yang berperan di lembaga itu sudah berjalan dengan baik dan harmonis.

"Kita juga terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak. Salah satunya dengan program 5 untung yang saat ini masih berjalan," katanya.

Melalui program itu masyarakat mendapatkan banyak kemudahan mulai dari diskon pajak, pemutihan pajak tertunggak hingga gratis bea balik nama kendaraan.

"Kita juga sudah memberikan banyak opsi bagi masyarakat yang ingin membayar pajak. Bisa langsung di kantor Samsat, bisa melalui drive thru, bisa pula melalui pojok samsat di beberapa lokasi," ujarnya.

UPTD Samsat Padang juga telah memiliki armada Samsat Keliling yang turun langsung menjemput bola ke tengah masyarakat.

Sidak yang dilakukan Kapolda Sumbar tersebut ikut didampingi oleh Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya, Kepala UPTD Samsat Padang, Mistar dan Kepala Cabang Jasa Raharja, Raihan Fanani.