Pengumuman

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Gelar Rapat Koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

25-10-2022


Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sudah menjadi referensi dan standar implementasi Teknologi Informasi di pemerintahan. Dalam rangka monitoring dan evaluasi SPBE, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Rakor SPBE pada tanggal 25 Oktober 2022 di Hotel Balairung Jakarta. Rakor yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat tersebut, dihadiri oleh seluruh kepala Orgasnisasi Perangkat Daerah Sumatera Barat.

Sebagai narasumber pada acara tersebut adalah bapak Soni Fajar Surya Gemilang, disamping sebagai pengajar di  Telkom University beliau adalah aksesor SPBE di Kementrian Kominfo RI. Dalam paparannya disampaikan bahwa salah satu kunci penting keberhasilan implementasi SPBE adalah awarness dari tingkat pimpinan dan untuk Provinsi Sumatera Barat sudah dibuktikan dengan hadirnya seluruh pimpinan dan Rakor SPBE mulai dari pimpinan tertinggi yaitu Gubernur Sumatera Barat.

Disamping itu juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara Ketua Yayasan Internet Indonesia, Bpk.Jamalul Izza dengan pemerintah Prov.Sumbar oleh Gubernur Sumatera Barat. Beberpa point dari rencana kerjasama ini adalah antara lain :

  1. Pembanguna sekokah
  2. Pembangunan smartcity dan infrastruktur IT
  3. Minimalisir blankspot
  4. Peningkatan kapasitas SDM IT

Konsep pembiayaan kerjasama ini adalah melalui pemanfaatan CSR dan crop funding dan tidak menggunakan dana APBD.

Dalam laporan pelaksanaannya, kepala Diskominfotik Prov.Sumbar menyampaikan wacana Prov. Sumbar menuju Smart Province dengan indeks SPBE 5.0 (saat ini 2,9). Untuk mewujudkannya diperlukan koordinasi seluruh stakeholder terkait. (Hendri