Pengumuman

Bimbingan Teknis Pengembangan P2DD di OPD Rumah Sakit Paru Provinsi Sumatera Barat.

20-02-2024


Menindaklanjuti Rapat Koordinasi TP2DD Provinsi Sumatera Barat yang diselenggarakan pada tanggal 20 Desember 2023 (https://bapenda.sumbarprov.go.id/content/berita/TjqJE6VDsul5YnGm9AUiObBPRCSge2), 

Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Provinsi Sumatera Barat mulai melakukan kunjungan kesetiap OPD yang berkontribusi pada pendapatan daerah untuk merumuskan langkah-langkah pengembangan transaksi non tunai yang sudah di implementasi pada OPD tersebut. Tim TP2DD tersebut terdiri dari unsur Badan Pendapatan Daerah (Bidang Pengelolaan Pendapatan Daerah dan UPTD Sistem Informasi Pendapatan Daerah) dan dari unsur Bank Nagari. Adapun agenda pertemuan tersebut adalah :

1. Panduan migrasi penerimaan pendapatan dari tunai ke non tunai (OPD yang masih menerima tunai)

2. Panduan migrasi penerimaan pendapatan rekening bendahara kerekening virtual

3. Sinkronisasi rekening virtual dengan rekening virtual pada aplikasi ePendapatan

 

Terkait dengan kegiatan tersebut maka pada hari Selasa Tanggal 20 Februari 2024 Bimbingan teknis ETPD dilakukan pada Rumah Sakit Paru Provinsi Sumatera Barat. Tim diterima oleh Direktur RS Paru Provinsi Sumatera Barat Dr. Ardoni, MM beserta bendahara dan staff. Penerapan pembayaran secara non tunai secara umum sudah diterapkan, namun ada beberapa pendapatan yang belum melakukan pembayaran secara non tunai, untuk itu dalam pertemuan dirumuskan beberapa kesepakatan antara lain :

  1.        Pemakaian virtual akun pendapatan dengan melakukan perubahan siklus penerimaan pendapatan yang semula dari rekening bendahara langsung ke RKUD menjadi rekening bendahara ke virtual akun dan ke RKUD
  2.        Pemanfaatan QRIS secara massif
  3.        Pemanfaatan aplikasi Bank Nagari sebagai media evaluasi dan monitoring aplikasi
  4.     Membuat surat permintaan penyesuaian virtual akun atau surat pembukaan rekening untuk yang masih tunai dalam penerimaan pendapata ke BPKAD.

Semoga kegiatan ini memberikan kontribusi dalam peningkatan capaian P2DD Provinsi Sumatera Barat

(Bapenda Provinsi Sumatera Barat).