Pengumuman

AUDIT KINERJA OPERASIONAL BAPENDA PROV.SUMBAR

18-08-2022


Dalam rangka melaksanakan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, khususnya pasal 17 Pasal 2 (Pembinaan dan pcngawasan kepala daerah terhadap Perangkat Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibantu oleh inspektorat daerah). Inspektorat Provinsi Suamatera Barat melaksanakan audit kinerja operasional Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat.

Berkaitan dengan hal tersebut pada hari Kamis tanggal 18 Agustus 2022, bertempat di Ruang Pertemuan Lantai II, Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat telah menerima Tim Audi Kinerja Inspektorat Provinsi Sumatera Barat. Tim Audit dimaksudkan melakukan Audit Kinerja Operasional Bapenda selama 14 (empat belas) hari kerja mulai dari tanggal 18 Agustus s.d 9 September 2022. Jadwal pelaksanan audit dimaksud dibagi kedalam 2 sesi yaitu sesi pertama tanggal 18 s.d 23 Agustus 2022, fokus audit adalah Sistim Pengawasan Internal (SPI) dan sesi kedua tanggal 24 Agustus s.d 6 September 2022 fokus audit adalah audit rinci.

Adapun materi audit yang akan menjadi fokus utama adalah kegiatan kinerja operasional yang dilaksanakan pada jangka waktu bulan Mei 2021 s.dJuni 2022 pada beberapa area kinerja antara lain :

  • Kinerja pendapatan daerah (pajak, retribusi, pendapatan transfer, dan lain-lain pendapatan)
  • Pengelolaan barang dan jasa
  • SOP
  • Dukungan sistim informasi
  • Kinerja UPTD PPD
  • Dan halberkaitanlainnya.

Disamping audit secara administrasi, juga akan dilaksanakan kunjungan lapangan kebeberapa UPTD PPD yang akan dipilih secara acak berdasarkan penelitian dan kelengkapan administrasi. Pada kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan surat tugas dari Inspektorat yang diwakili oleh Ibu Febria Sabrina kepada Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat Bapak Maswar Dedi. Adapun susunan Tim Audit Kinerja Operasional Inspektorat adalah sebagai berikut:

  1. Zaenuddin        (Penanggung Jawab)
  2. Febria Sabrina (Wakil Penanggung Jawab)
  3. ErniSofyety       (Pengendali Teknis)
  4. Rosiana              (Ketua Tim)
  5. Felly Ingraini     (Anggota)
  6. Erdelia                (Anggota)
  7. TriskaDona.J    (Anggota)
  8. AlfinoDiesta      (Anggota)

Dalam sambutannya Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat, Bpk. Maswar Dedi, menyampaikan dukungan penuh atas kegiatan audit kinerja operasional tersebut dan menginstruksikan kepada seluruh komponen di Bapenda untuk dapat memberikan semua kebutuhan data dan informasi yang diperlukan. Dan berharap kegiatan ini dapat berlangsung dengan lancar dan sukses. (Hendri – UPTD SIPD).