Pengumuman

Integrasi Sistim E-Samsat, SIPKD dan Bank Nagari

22-06-2013


Dalam rangka peningkatan percepatan penyajian data dan informasi keuangan daerah, saat ini sedang dilakukan kegiatan integrasi Sistim Informasi yang mendukung pengelolaan keuangan daerah Provinsi Sumatera Barat.

Tujuan utama integrasi sistim adalah untuk mendapatkan informasi posisi kas harian daerah pada bank nagari di setiap akhir hari kerja. Disamping tujuan utama diatas juga akan dapat dicapai beberapa efisiensi dan efektivitas kerja antara lain :

1. Efisiensi jam kerja terutama menghindari "double entri" data keuangan

2. Meminimalisir kesalahan entri data oleh operator

3. Efisiensi siklus kerja pengelolaan data keuangan daerah

Integrasi sistim dimaksud adalah Sistim Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD), Sistim Informasi Samsat-Link dan Sistim Informasi Bank Nagari. Jika selama ini informasi tentang kas harian daerah baru akan dapat disajikan melalui sistim informasi dua hari setelah hari H maka setelah integrasi informasi tersebut akan dapat disajikan setiap akhir hari kerja dan dengan demikian diharapakan akan dapat mendukung manajemen dalam percepatan pengambilan keputusan dan kebijakan yang memerlukan informasi keuangan daerah.

Untuk mewujudkan integrasi sistim dimaksud, beberapa waktu yang lalu telah dilakukan rapat koordinasi teknis yang difasilitasi oleh PT.Telkom Indonesia selaku integrator sistim untuk merumuskan tahapan integrasi sistim dan konsep teknis mode integrasinya. Koordinasi dengan pihak Bank Nagari tentang integrasi sistim ini juga telah dilakukan melalui surat resmi dari Pemerintah Provinsi Suamtera Barat.

Meningat banyaknya manfaat yang akan dicapai dengan adanya integtasi sistim ini maka tentu seluruh komponen pengelola keuangan daerah berharap semoga kegiatan ini dapat diwujudkan dalam waktu yang tidak begitu lama.