Pengumuman

Ramah Tamah Bapenda Dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat

21-03-2022


Pada hari Senin, tanggal 21 Maret 2022, bertempat di Kota Bukittinggi telah dilaksanakan pertemuan dan ramah tamah Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat dengan Bapak Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy.

Hadir pada pertemuan tersebut seluruh unsur pimpinan Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat, Kepala Bapenda Bapak Maswar Dedi, Sekretaris Bapenda, seluruh kepada Bidang dan Kepala UPTD Bapenda Provinsi Sumatera Barat.

Inti dari pertemuan tersebut adalah mendengarkan arahan Wakil Gubernur Sumatera Barat tentang tantangan dan peluang dalam pengelolaan pendapatan daerah. Bapenda sebagai insititusi yang mengkoordinir pendapatan daerah diharapkan focus pada tugas pokok dan fungsi peningkatan pendapatan daerah dari waktu ke waktu ,baik itu pendapatan asli daerah,  pendapatan transfer dan lain-lain pendapatan yang sah. Peningkatan pendapatan dapat dilakukan dari berbagai sisi. Sisi kualitas pelayanan (standarisasi pelayanan, penyediaan personil yang  terampil, prosedur pelayanan yang pasti, dll) ,penyediaan infrastruktur pendukung yang memadai, koordinasi dan sinkronisasi dengan mitra kerja serta unsur lainnya.

Dalam pertemuan tersebut juga dilakukan dialog dan diskusi tentang masalah-masalah yang menjadi trend dalam pelaksanaan pelayanan khususnya pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Bapak Wakil Gubernur Sumatera Barat meminta kepala seluruh komponen Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat untuk selalu berinovasi dalam pelayanan. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan kedepan dalam rangka peningkatan pendapatan daerah dan peningkatan kualitas pelayanan antara lain : standarisasi pelayanan di seluruh UPTD PPD se Sumatera Barat, integrasi sistim informasi esamsat dengan Pertamina Patra Niaga dalam rangka distiribusi BBM bersubsidi dan harmonisasi serta sinkronisasi pelayanan dengan seluruh unsur yang terlibat.