Pengumuman

Survei Lokasi Samsat Nagari di Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung.

31-03-2023


Kamis, 30 Maret 2023 Bapenda Prov. Sumbar yang diwakili oleh UPTD SIPD dan Bidang Pajak Daerah melakukan kegiatan pemantauan lokasi yang rencananya akan dijadikan Kantor Pelayanan Samsat Nagari di Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung. Kunjungan tim Bapenda Prov. Sumbar yang dipimpin oleh Ahmad Suhendri S.Kom, M.Sc langsung disambut oleh Sekretaris Camat Kamang Baru serta beberapa personil Kepolisian dari Polres Sijunjung.

Dalam kunjungan tersebut, tim memantau kondisi lokasi yang akan di jadikan kantor pelayanan Samsat Nagari. Dimana Tim melakukan pemetaan terhadap kebutuhan sarana dan prasarana seperti tempat, jaringan, kelistrikan supaya dapat dipersiapkan oleh tim terkait.

Rencana awal pembukaan Samsat Nagari Kamang Baru akan dilakukan dalam waktu dekat bersamaan dengan beberapa Samsat Nagari di Kabupaten lain. Saat melakukan pemantauan, tim Bapenda Prov. Sumbar beserta pihak terkait lainnya menyatakan bahwa untuk kenyamanan masyarakat dalam pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), lokasi yang akan dijadikan Kantor Samsat Nagari membutuhkan renovasi yang ditargetkan akan selesai di akhir tahun ini, sehingga untuk antisipasi agar pelayanan tetap berjalan, untuk sementara lokasi pelayanan akan dilakukan di kantor Kecamatan Kamang Baru sembari menunggu proses renovasi bangunan selesai dan siap ditempati. Walaupun demikian harapannya tentu kondisi tersebut tidak menjadi penghambat pelayanan.

Ketua Tim Bapenda Prov. Sumbar Ahmad Suhendri, S.Kom. M. Sc dalam sambutannya menyampaikan alasan kenapa Samsat Nagari Kamang Baru perlu dihadirkan. Pertama, sebagai perpanjangan tangan layanan samsat induk, selain samsat keliling yang telah terlebih dahulu dihadirkan. Kedua, dengan hadirnya Samsat Nagari ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang terutama dari segi efisiensi dan efektivitas waktu serta biaya masyarakat.

Ahmad Suhendri, S. Kom. M.Sc juga menyampaikan apresiasi dan berterimakasih kepada tim dari Kecamatan Kamang Baru karena telah memberikan izin kepada Pemprov. Sumbar untuk membuka pelayanan Samsat Nagari di Kecamatan Kamang Baru. Dengan adanya pelayanan Samsat Nagari ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam pengurusan PKB Tahunan serta membantu Pemerintah Provinsi dalam memungut Pajak Kendaraan Bermotor. Untuk kelancaran pembukaan Samsat Nagari ini, diharapkan dukungan secara  bersama-sama dari pihak Kecamatan, Kepolisian, Jasa Raharja dan Bank Nagari serta pemerintah daerah.

Terakhir, Ahmad SuhendriS, Kom. M.Sc mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kecamatan Sijunjung yang telah menyediakan tempat, semoga dengan adanya Samsat Nagari ini bisa membantu meringankan masyarakat membayarkan kewajiban pajak kendaraan.