Pengumuman

High Level Meetting (HLM) TP2DD Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024

21-03-2024


Pada hari Kamis tanggal 21 Maret 2024, bertempat di Aula Nan Tongga Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat diselenggarakan pertemuan High Level Meetting (HLM) TP2DD Provinsi Sumatera Barat. Pertemuan yang dipimpin oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat Bpk. Endang Kurnia Saputra tersebut secara resmi dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi.

 

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Barat menyampaikan bahwa ETPD adalah suatu upaya yang terpadu dan terintegrasi untuk mengubah transaski pendapatan dan belanja pemerintah daerah dari tunai menjadi non tunai berbasis digital dengan tujuan peningkatann akuntabiltas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah.

 

Kepala Perwakilan BI Sumetera Barat dalam presentasinya menyampaikan capaian kegiatan ETPD Provinsi Sumatera Barat tahun 2023. Secara umum, seluruh wilayah di Sumatera Barat (Provinsi/Kabupaten/Kota) sudah masuk dalam kategori daerah digital. Namun jika ditelisik lebih dalam masih banyak yang perlu dibenahi sehingga capaian tersebut dapat diperbaiki menuju kategori yang lebih tinggi pada tahun tahun mendatang.

 

Dalam upaya peningkatan kategori tersebut, Walikota Solok menyarankan agar dilakukan pembinaan dan asistensi oleh Bank Indonesia ke setiap kabupaten dan kota se Sumatera Barat sehingga parameter-paremeter yang menjadi penilaian utama dapat diperbaiki.

 

Sesuai dengan arahan agar setiap daerah untuk dapat melahirkan inovasi dalam rangka peningkatan penggunaan elektronifikasi digital transaksi pemerintah daerah maka Kepala Bapenda Provinsi Sumatera Barat, Bapak Syefdinon menyampaikan disain program Tabungan Pajak Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sebagai salah santu bentuk inovasi peningkatan Pajak Kendaraan Bermotor dengan memberikan kemudahan pembentukan tanbungan pajak bagi masyarakat.

 

Diakhir pertemuan, disepakati beberaka kesimpulan dan rekomendasi sebagai berikut :

1.    20 Pemda di Sumatera Barat telah berada pada Tahap “Digital” sehingga peluang seluruh Kabupaten/kota untuk menjadi pemenang championship TP2DD semakin besar Rekomendasi :

Menyelenggarakan capacity building dan peningkatan kompetensi bagi seluruh pemda dalam rangka meningkatkan probaiblitas pemda di Sumatera Barat untuk masuk nominasi TP2DD Award 2024.

 

2.       Rendahnya Implementasi KKPD oleh Pemda di Sumatera Barat, mengingat sebagian besar pemda belum menerbitkan Perda terkait penggunaan KKPD untuk transaksi belanja Pemda. Rekomendasi :

a.    Percepatan Penyusunan Peraturan Daerah (PERDA) terkait Implementasi Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) melalui Capacity Building Bersama seluruh Pemda di Sumatera Barat.

b.      Implementasi KKPD melalui pilot project dengan usulan pelaksanaan di Kota Padang.

 

3.       Optimalisasi dan peningkatan transaksi Pendapatan dan belanja pemerintah daerah melalui kanal pembayaran nontunai.

Rekomendasi :

a.      Menyusun komitmen bersama seluruh Pemda di Sumatera Barat terkait penggunaan transaksi kanal pembayaran non-tunai.

b.      Melakukan edukasi dan sosialisasi secara masif kepada Pemda dan Merchant untuk meningkatkan budaya penggunaan kanal pembayaran non-tunai.

c.     Meningkatkan perluasan akusisi merchant yang dapat mendukung peningkatan transaksi Pemda dalam menggunakan kanal pembayaran non-tunai