Pengumuman

Dalam rangka peningkatan Pendapatan Daerah, Bapenda Prov. Sumbar adakan Bimtek bagi Aparatur Pengelola Pendapatan di Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumbar

16-10-2022


Padang (15/10/2022) - Untuk peningkatan kapasitas aparatur pengelolaan pendapatan daerah di Provinsi dan Kabupaten/ Kota se-Sumbar, Bapenda Prov Sumbar melaksanakan Bimtek yang bertempat di Aula kantor Bapenda Prov. Sumbar selama 2 hari dari tanggal 15 s/d 16 Oktober 2022. Bintek tersebu dihadiri sebanyak 95 orang Aparatur Pengelolaan Pendapatan Daerah seSumatera Barat. Acara diawali dengan penyampaian pertanggung jawaban acara oleh ketua pelaksana Bapak Hendri Fauzan, A.P., M.Si.

Tujuan dari acara ini selain meningkatkan kapasitas kerja aparatur pengelola pendapatan daerah juga untuk menjalin silaturahmi sesama aparatur pengelola pendapatan daerah. Acara dibuka lansung oleh Bapak Maswar Dedi, A.P.,M.Si Kepala Bapenda Provinsi Sumatera Barat.

Materi pertama data pendapatan dan belanja daerah se sumatera barat serta sosialisasi UU Nomor 1 Tahun 2022 oleh Bapak Zainal Ahmad, A.P.,M.AP Kasubdit Wil III Direktorat Pendapatan Daerah Bina Keuangan Daerah

Beliau menyampaikan berdasarkan sumber data diolah dari Laporan 32 Pemprov yang menyampaikan LRA sampai bulan Agustus, Ditjen Bina Keuangan Daerah 2022 – 10 September 2022 18.00 WIB

Persentase Realisasi Pendapatan APBD Provinsi Se-Indonesia TA 2022 Provinsi Sumatera Barat di peringkat delapan, Kota Payakumbuh peringkat Tujuh, Kota Pariaman peringkat sepuluh dan untuk Kabupaten Tahah Datar tingkat enam belas.

Dalam paparannya beliau juga menyampaikan teknis penggunaan aplikasi SIPD dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih kepada aparatur pengelolaan pendapatan daerah.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memaksimalkan pendapatan daerah dan dapat menggali lagi sumber-sumber pendapataan daerah Kabupaten/Kota.