Pengumuman

Pajak Go To School, Sosialisasi Penyuluhan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

18-07-2023


 

Pariaman, 18 Juli 2023, bertempat di aula SMA N 2 Pariaman, UPTD PPD Pariaman berkoordinasi dengan Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Pariaman melaksanakan kegiatan Sosialisasi penyuluhan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD). Acara dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMA N 2 Pariaman, yang dihadiri oleh lebih kurang 100 siswa SMA N 2 Pariaman.

Kepala UPTD PPD Pariaman (Nina Nadjmir, SE) menyampaikan pemahaman tentang Samsat singkatan dari Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap yang terdiri dari 3 institusi yaitu Kepolisian, Bapenda dan Jasa Raharja. Salah satu pelayanan yang ada di kantor Samsat adalah pembayaran pajak kendaraan bermotor. Nina juga menyampaikan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan hanya membutuhkan identitas asli dan STNK asli kendaraan. Sementara untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor lima tahunan, selain Kartu Identitas Asli dan STNK asli, juga membawa BPKB asli dan menghadirkan kendaraan untuk dilakukan pengecekan fisik kendaraan (cek fisik).

Selanjutnya pemaparan dari Kepala Bapenda Provinsi Sumbar, dalam hal ini diwakili oleh Kepala UPTD SIPD Sumbar  (A. Suhendri, S. Kom. M. Sc). Pemaparan terkait pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online yang dapat diakses kapan saja. Penyampaian terkait tatacara pembayaran pajak melalui Aplikasi Signal, selain ini untuk mengetahui jumlah bayar pajak dapat di akses dari website Bapenda.

Penyampaian dari Kejaksaan Negeri Kota Pariaman (Vivi) mengenai pengenakan dasar hukum pajak, fungsi pajak, sanksi hukum tidak bayar pajak dan pandangan hukum terkait pajak kendaraan bermotor sebagai salah satu bagian dari pajak daerah.

Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Pariaman melalui Kepala Sub Bidang Pengawasan Daerah dan Retribusi Daerah Kota Pariaman ( Alber Tanjung ) memaparkan jenis-jenis  pajak daerah yang menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pariaman seperti pajak hotel, pajak restoran, pajak reklame, dll.

Antusias siswa SMA N 2 Kota Pariaman sangat tinggi selama mengikuti sosialisasi ini. Sebelum acara ditutup, pada sisi akhir diberikan Quiz dengan hadiah yang sangat menarik. Diharapkan dengan adanya Sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman kepada generasi muda Indonesia khusus nya siswa SMA N 2 Pariaman sebagai bagian dari masyarakat indonesia dalam hal tugasnya sebagai wajib pajak. (dy)