Pengumuman

Pelatihan Pengembangan SDM IT, Personil UPTD SIPD Bapenda Prov. Sumbar

31-07-2023


Pelatihan Pengembangan SDM IT, Personil UPTD SIPD Bapenda Prov. Sumbar

Menghadapi kemajuan teknologi digital yang semakin berkembang, tentunya perlu didukung dengan perkembangan ilmu SDM sebagai pengguna yang berinteraksi dengan kemajuan teknologi tersebut. Tuntutan untuk bisa selaras dengan perkembangan teknologi itu mengharuskan untuk upgrade ilmu. 25 s/d 27 Juli 2023 bapenda prov sumbar mengikuti pelatihan IT yang diselenggarakan oleh PT. Telkom Indonesia yang di koordinir oleh TPCC. Dilaksanakan di Gedung PT Telkom Prima Cipta Certifia Bandung

Peserta Pelatihan diikuti oleh A. Suhendri, David Hidayat, Devy Aulya Rahmi, Dio, Tio

Materi pertama dari Devisi Bisnis Telkom Soni, menyampaikan tentang perlunya peningkatan SDM dalam suatu organisasi untuk menghadapi perubahan pola pelayanan kepada masyarakat yang serba cepat dan online. Peningkatan SDM yang dimaksudkan disini adalah peningkatan kompetensi dari sisi Teknologi Informasi yang diharapkan setiap personal (apatur) yang berperan dalam pelayanan kepada masyarakat dapat mengembangan metode pelayanan kepada yang lebih banyak dan bermutu sehingga masyarakat yang dilayanan merasa sangat terbantu dan kepuasan tingkat kepuasan masyarakat pun tinggi.

Materi selanjutnya pembahasan Oca Blast oleh Herjuna. OCA (One Click Away) merupakan produk layanan Telkom yang dapat membantu kegiatan promosi, pemasaran, pemberitahuan atau berita terkait kebijakan yang diterbitkan oleh suatu organisasi dengan menggunakan aplikasi Whatsapp. OCA ini dapat menyampaikan pesan secara massal melalui nomor telepon ( no WA) yang telah tersedia pada system. Penerapan OCA ini sudah cukup banyak di implementasikan pada instansi baik Negeri maupun Swasta di Indonesia. OCA dapat dengan efektif dan efisian baik dari segi biaya maupun waktu dalam penyampaian informasi.

Materi selanjutnya oleh Widi Linggih Jaelani membahas tentang manajemen mutu pelayanan. Menyampaikan bahwa kita selaku pelayan kepada masyarakat harus terus meningkatkan mutu pelayanan sehingga masyarakat yang dilayani merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Untuk peningkatan mutu layanan tersebut, ada suatu organisasi yang melakukan penilaian terhadap suatu layanan ataupun kegiatan tersebut yang sudah terpercaya yaitu ISO. Apabila suatu layanan ataupun kegiatan sudah mendapatkan sertifikat ISO, maka sudah dapat dipastikan layanan atau kegiatan tersebut sudah memenuhi kriteria atas kaedah kaedah mendasar yang dibutuhkan oleh konsumen atau penggunanya.

Ucapan terimakasih disampaikan kepada PT Telkom Indonesia dalam hal ini Account Manager Witel Sumbar Avania Athilayusa beserta tim dari TPCC atas terselenggaranya Pelatihan IT ini.