Pengumuman

Sosialisasi Aplikasi E-Pendapatan di Lingkungan Provinsi Sumatera Barat

07-12-2022


Informasi pendapatan daerah yang disajikan secara realtime sudah menjadi kebutuhan untuk melakukan monitoring, analisa, pelaporan dan yang terpenting adalah untuk pengambilan kebijakan yang presisi.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat saat ini sedang membangun aplikasi e-Pendapatan yang ditargetkan beroperasi pada awal bulan Januari 2023. Progress pembangunan sudah mencapai 80 %.

Sebagai langkah awa pengenalan aplikasi dimaksud kepada user maka pada hari Rabu tanggal 07 Desember 2022, bertempat di Aula Istana Bung Hatta Bukittinggi dilaksanakan sosialisasi Aplikasi e-Pendapatan Pro. Sumbar. Kegiatan yang diprakarsai oleh Bidang Retribusi Bapenda Sumbar ini, menghadirkan narasumber Riko dari IT Bank Nagari dan dari UPTD SIPD Bapenda Sumbar. Sementara itu peserta sosialisasi adalah bendahara penerima pembantu dari OPD yang menerima retribusi dan pajak.

Substansi dari sosialisai adalah : 

  • Pengenalan aplikasi ePendapatan terkait operasional.
  • Penggunaan Virtual Account dalam penyetoran retribusi dan pajak.

Akhir dari ePendapatan adalah penyajian dashboard pendapatan daerah yang menyajikan data secara realtime sebagai sumber data untuk berbagai keperluan.