Pengumuman

Kabar Gembira Untuk Dunsanak Sadonyo, Penghapusan Denda Diperpanjang Sampai Tanggal 15 Juni 2022, Ayo Segera Bayar Pajak Kendaraan Dunsanak Di Samsat Terdekat.

banner

Form Layanan Wajib Pajak






Riwayat Layanan Wajib Pajak

24-05-2022
RiAL
halo min, sorry mau tanya, apakah STNK untuk kendaraan bermotor roda dua keluarnya sekitaran 3 Bulan?? kalau iya, kenapa bisa selama itu ya? terima kasih
25-05-2022
Admin Bapenda
mohon maaf.... untuk STNK kewenangan kepolisian..... kami tidak bisa jawab... coba tanya di https://www.instagram.com/ditlantas_poldasumbar/
23-05-2022
SAFWAN
Saya membaca ada pemutihan biaya mutasi dalam daerah,yg di putihkan adalah pajak,BPKB dan biaya mutasi. Pertanyaannya: Asuransi mutasi dalam daerah apa masih kenakan juga?
25-05-2022
Admin Bapenda
Pemutihan yg di maksud adalah penghapusan denda pajak kendaraan bermotor... sedangkan denda asuransi jasa raharja ( SDWKLJJ ) tetapa dibayarkan ... demikian
22-05-2022
Min, apakah sudah berlaku pembayaran pajak lewat online di daerah sumbar? Untuk ganti kaleng tata cara nya gimana?
25-05-2022
Admin Bapenda
gunakan aplikasi SIGNAL... pembayaran bisa via ATM atau M-Banking syaratnya Kendaraan harus atas nama sendiri karena ada verifikasi antara data KTP dan data kendaraan serta tidak ganti STNK ... untuk tutorial bisa di lihat di https://samsatdigital.id/ demikian....
22-05-2022
eko saputra
ASSALAMUALAIKUM BPK/IBU. SAYA MAU BERTANYA, PAJAK KENDARAAN BERMOTOR SAYA TELAH MATI PADA TAHUN 2018. KARENA INGIN TAU BERAPA PAJAK TERUTANG YANG HARUS DIBAYAR ? CEK PAJAK VIA WEB. >HTTPS://BAPENDA.SUMBARPROV.GO.ID/CONTENT/INFO_PAJAK_KENDARAAN. TAPI NOMOR POLISI/PLAT NO TIDAK DITEMUKAN ? DATA SUDAH BENAR , APAKAH DIBLOKIR ATAU DIHAPUSKAN ? TERIMA KASIH
25-05-2022
Admin Bapenda
wa alaikum salam... silakan langsung chat dengan admin... demikian
19-05-2022
Ihsan
Dengan adanya program BBNKB gratis. Biaya apa sajakah yAng digratiskan? Rencananya saya akan mengajukan balik nama Kendaraan. Terima kasih.
25-05-2022
Admin Bapenda
yg gratis adalah biaya BEA BALIK NAMA KENDARAAN.... demikian
18-05-2022
Yandi candra
Assalamualaikum bpk /IBU admin nama saya yandi saya dari sungai nyalo mudiak aia, saya membeli kendaraan roda 4 yang pajak nya mati 2 tahun dan sya membeli dari pembeli kedua keadaan kendaraan ini katanya sudah TERBLOKIR dari pemilik pertama, keluhan saya, bagai mana cara mengurus pembayaran pajaknya dan brapa biayanya? Terima kasih
25-05-2022
Admin Bapenda
silakan balik nama kendaraan tsb atas nama sdr... demikian
15-05-2022
Rahmat Hudaya
Izin bertanya min.. Apakah nomor polisi yang baru warna putih sudah berlaku ?? Saya sering melihat mobil dengan plat putih dg tulisan warna hitam dari daerah lain. Malah plat ba sudah ada yang memakainya. Terimakasih..
17-05-2022
Admin Bapenda
Sampai saat ini belum ada informasi terkait hal tersebut.
13-05-2022
Rika Diana
Bagaimana solusinya untuk bayar pajak mobil yang tidak mutasi daerah/ganti plat sedangkan KTP sudah diganti ke domisili sekarang Aceh karna pindah tugas bukan KTP domisili Padang? apakah bisa bayar pajak ONLINE walaupun beda daerah tanpa harus mutasi atau harus bayar sesuai KTP domisili Padang SUMBAR? Terima kasih
17-05-2022
Admin Bapenda
Pembayaran pajak online bisa dilakukan dan dokumen akan dikirim sesuai dengan alamat yang ada di STNK.
12-05-2022
HUMAIRAh Andra
Maaf sebelumnya min saya ingin bertanya untuk data jumlah kendaraan bermotor yang membayar pajak pada tahun 2017 menurut kabupaten dan kota di provinsi sumatera barat dimana saya bisa menemukan nya ya min... Terimakasih sebelumnya min ????
25-05-2022
Admin Bapenda
Silakan buat surat resmi ke kantor Badan Pendapatan Daerah Prov. Sumbar.... demikian
12-05-2022
Rika Diana
Bagaimana solusinya untuk bayar pajak mobil plat BA tanpa mutasi kendaraan sedangkan KTP sudah tidak domisili Padang dan sudah diganti domisili ACEH? Apa ada solusi nya? Terima kasih
25-05-2022
Admin Bapenda
solusinya mutasikan kendaraan sdr ke aceh...dmikian
09-05-2022
Deni tria putra
Min. Apa persyaratan untuk blokir pajak di stnk pertama min. Karna sy mw ngambil lagi. Dan mobil an yang pertama sudah saya jual.
13-05-2022
Admin Bapenda
Bapak dapat melapor ke kantor samsat domisili kendaraan dengan membawa KTP asli pemilik kendaraan dan Materai 10000.
09-05-2022
Deni tria putra
Assllkm min.bagaimana cara nya blokir pajak kendaraan pertama yg Saya beli an sy sendiri dan mobil tersebut sudah saya JUAL.apakah harus ada biaya yang saya keluarkan untuk blokir pajak kendraan pertama sy tersebut?
13-05-2022
Admin Bapenda
Bapak dapat melapor ke kantor samsat domisili kendaraan dengan membawa KTP asli pemilik kendaraan dan Materai 10000.
01-05-2022
Sukardi
Sya mau nyambung pajak mobil pick up
13-05-2022
Admin Bapenda
Silahkan bapak datangi kantor samsat untuk proses pembayarannya
30-04-2022
Rafif
Kenapa sewaktu pembayaran pajak mobil, tetap dikenakan pajak progresif alasan karena satu kartu keluarga, padahal nama kepemilikan berbeda atas kendaraan yang dibayarkan pajaknya? Ini dasarnya apa? Atau ada kesalahan pemahaman dari petugas pajaknya ? Karena tahun 2021 pembayaran pajak kendaraan tidak dikenakan pajak progresif ketika saya membayarkan pajak kendaraan saya.
25-05-2022
Admin Bapenda
sebagai refrensi silakan lihat di https://www.online-pajak.com/tentang-pajak-pribadi/pajak-progresif-pahami-seluk-beluknya
30-04-2022
RYAN RAMADHANI
Bagaimana pemblokiran STNK online soalnya kendaraan lama sudah saya jual
09-05-2022
Admin Bapenda
Proses pemblokiran hanya dapat dilakukan di kantor samsat asal. Silahkan bapak laporkan kendaraan tersebut di kantor samsat asal.
26-04-2022
asrul sastrawijaya
kendaraan yang saya miliki saat ini hanya 1 unit sepeda motor ba 2977 qv. kendaraan lain yang atas nama saya mohon di hapus karena sudah tidak milik saya lagi. terima kasih
09-05-2022
Admin Bapenda
Bapak dapat melakukan proses tersebut di kantor samsat asal kendaraan
21-04-2022
Zulkifli
Pajak motor habisnya 5/5/2022 Dibayar tanggal 7/5/2022 Sesudah lebaran boleh pak Mhn.info agar terhindar denda
26-04-2022
Admin Bapenda
Silahkan dibayar pada tanggal tersebut pak (sesudah lebaran). dan sampai tgl 15 juni 2022 ada program gratis denda pajak kendraan bermotor.
18-04-2022
Stadi laia
Pembayaran pajak apa benar pajak motor dihapus sementara
26-04-2022
Admin Bapenda
Program saat ini sampai dengan 15 juni 2022 _ gratis Bea Balik Nama Kendaraan bermotor _ gratis Denda Pajak Kendaraan Bermotor
18-04-2022
fauzhan
aSSALAMU'ALAIKUM, SAYA MAU TANYA, KEBETULAN BARU AMBIL MOBIL BEKAS, BAYAR PAJAK TAHUN KEMAREN TERNYATA KENA PAJAK PROGRESIF, JD RENCNANYA SAYA MAU BALIK NAMA, KIRA2 PENGURUSAN bnkb BERAPA LAMA PROSESNYA, KARNA KAMI JAUH DAN BIAYANYA BERAPA? KARENA DENGAR2 DARI TEMAN YG NGURUS BALIK NAMA MASIH KENA BIAYA, WLW infromasi dr Pemprov biaya balik nama kendaraan gratis sampai dg tgl 15 juni 2022. terimakasih
18-04-2022
Admin Bapenda
Wa alaikum salam... yg di gratiskan adalah biaya BEA BALIK NAMA.... sementera jika terjadi penggantian STNK, BPKB dan Nopol maka tetap harus di bayar atau di beli. BPKB, STNK dan NOPOL ranah kepolisian... kami tidak tau biayanya karena bukan kewenangan kami.. silakan langsung di tanya Ditlantas Nipah padang... demikian...
18-04-2022
fadlan zakky
saya mau bertanya motor saya sudah dari tahun 2017 tidak di bayar berapa kah harga yng harus saya bayar
18-04-2022
Admin Bapenda
silahkan cek disini pak https://bapenda.sumbarprov.go.id/content/info_pajak_kendaraan
15-04-2022
gITA
assalamu'alaikum admin, saya baru saja membeli mobil bekas dan ingin balik nama. dipersyaratan yang saya baca, ada KTP yang sah. itu KTP saya saja, sebagai nama pemilik yang baru, atau perlu ktp pemilik sebelumnya min? dan selain itu, data dari pemilik lama apa saja yang perlu saya siapkan? terima kasih min.
18-04-2022
Admin Bapenda
waalaikumsalam. untuk balik nama KTP Asli pemilik baru, stnk, bpkb.
09-04-2022
Sri Wahyuni
Kenapa saya tidak bisa membayarkan pajak motor saya secara online? Data tidak ditemukan. Mohon bantuan nya Motor Mio GT biru dg plat BA 5042 LT
13-05-2022
Admin Bapenda
Silahkan ibu datang ke kantor samsat bukittinggi.
08-04-2022
Jefri
Mau nanya, proses balik nama kendaraan / bbn apakah bisa di samsat keliling?
11-04-2022
Admin Bapenda
Proses balik nama kendaraan bisa dilakukan di kantor samsat asal kendaraan
05-04-2022
yofan
mau tanya...saya baru menjual motor, atas nama saya, dan setelah itu saya baru mengambil motor baru atas nama yang sama dgn yg lama, bagaimana cara memblokir stnk motor yg lama supaya tidak kena pajak progresif di motor yg baru?
07-04-2022
Admin Bapenda
Blokir kendaraan yang lama dapat dilakukan di kantor samsat asal dengan mengisi blangko blokir kendaraan dan menunjukkan KTP asli.
03-04-2022
FErnanda
Saya sudah melakukan pembayaran pajak melalui aplikasi signal, namun status masih proses dan bukti pembayaran pajak belum juga dikirim oleh samsat padang pariaman... Mohon tindak lanjutnya admin.... Terima kasih...
07-04-2022
Admin Bapenda
Proses pengirimannya bpk pilih di aplikasi Signal melalui pos atau datang ke kantor samsat? jika melalui pos : pos akan kirim ke alamat yang dituju, atau ambil lansung di kantor samsat pdg pariman dengan membawa STNK, KTP, bukti bayar di signal.
27-03-2022
bj
izin bertanya .. kendaraan saya plat bl (aceh) kalau ingin balik nama apakah harus cabut berkas ke aceh atau bisa melalui samsat di padang saja ? terimaa kasih
29-03-2022
Admin Bapenda
harus cabut file dulu di samsat asal... demikian
27-03-2022
Zuldi prioka
Mau laporkan motor sudah kejual pak Ba 3607 qw
29-03-2022
Admin Bapenda
lapor ke samsat dimana kendaraan terdaftar ke bagian penagihan bawa KTP asli dan materai lalu isi blanko yg sudah disediakan
26-03-2022
Rahmadanu
Cara membayar online
29-03-2022
Admin Bapenda
gunakan aplikasi SIGNAL untuk mendapatkan kode bayar dan lakukan pembayaran pada ATM atau M-Banking... tutorial bisa di lihat di https://samsatdigital.id/
22-03-2022
Rahmat hudaya
Assalammualaikum, admin.. Izin bertanya, apakah cek fisik kendaraan membayar ? Tahun kemarin saya cek fisik kendaraan dikenakan biaya 25.000 diloket pengambilan blangko cek fisik. Kalau memang ada dipungut biaya, mohon penjelasan biaya untuk apa, sebab sewaktu saya cek fisik tahun kemarin tidak ada penjelasan oleh petugas loket cek fisik, hanya meminta biaya 25.000. Terima kasih.
29-03-2022
Admin Bapenda
wa alaikum salam... cek fisik ranah kepolisian.... mohon maaf.. kami tidak berkompeten untuk menjawabnya... demikian
22-03-2022
Ari
Assalamualaikum pak.. Saya ingin mengajukan keluhan waktu saya bea balik NAMA di dirlantas dekat jembatan siti nurbaya KEN...mohon untuk tidak mempersulit kami soalnya kami JAUH dan kami semua pulang dengan agak kesal.. Ceritanya begini pak... Saya mengurus bea BAlik nama tgl 1 MARET,setelah SEMUAnya diurus saya dikasih kertas mutasi masuk dan di suruh datang lagi 17 maret 2022.. Saya datang tgl 18 MARET nya ke kantor ITU berharap ada jeda harinya,,,setelah memberikah kertas mutasi itu ke petugas saya diarahkan untuk membayar untuk penerbitan bpkb baru,,,sudah saya bayar,,dan saya tunggu nama di panggil di loket BPKB,,setelah lama antri baru nama di PANGGIL,,dengan nada santun petugas bilang,,pak bpkb nya belum bisa di ambil karena ada jaringan it RUSAK dri tgl 17 maret,,nanti bapak akan kami telepon,,mendengar hal itu kami semua yang sudah antri lama lama agak kesal..okelah kalau begitu saya pasrah saja menunggu petugas disitu menelepon saya,,,yang saya heran sampai sekarang belum ada KABAR/niat dari petugas untuk menelepon,,apa itu jaringan samsat bermasalah selama itu,,,bisa kacau tuh...atau mereka mempermainkan kami berkat adanya bea balik nama gratis ini...terima kasih pak telah mendengarkan saya dan kami...mohon kalau bisa untuk menindak lanjuti di kantor si sana pak...soalnya saya deadline bayar pajak awal april..sementara bpkp dan stnk belum jadi..jadi gimana bayarnya...terima kasih banyak atau waktunya..wassalam
29-03-2022
Admin Bapenda
wa alaikum salam... mohon maaf....balik nama ranah kepolisian nanti akan kami teruskan keluhan sdr kepada pihak ditlantas... demikian...
20-03-2022
Andika
Apakah balik nama kendaraan roda 2 harus pake KTP orang yang ada di STNK??
29-03-2022
Admin Bapenda
balik nama tidak perlu KTP pemilik lama.. demikian
16-03-2022
Febri
Saya ingin balik NAMA KENDARAAN mobil saya Dari HARMASRAYA ke BUKITTINGGI, kira kira untuk cabut file di Dharmasraya siap gak ya 1 hari pengurusan, apa yang harus saya SIAPKAN, dan pada saat cabut berkas apakah ada biaya yang harus di KELUARKAN? Terimakasih
18-03-2022
Admin Bapenda
mohon maaf.. cabut file ranah dan kewenangan kepolisian.... untuk pastinya silakan hub. pihak kepolisian di samsat .. demikian
16-03-2022
Hibatul azizi
assalamualaikum admin, saya mau tanya. Saya sebelumnya memiliki motor 150cc dan bapak saya motor 155cc yg dikenakan pajak progresif. APAKAH dg saya telah menikah dan telah keluar dari kk lama dan berbeda alamat dari kk sebelumnya dapat MENGHIlangkan pajak PROGRESIF yg dibebankan kepada motor 155cc milik orang tua saya?
18-03-2022
Admin Bapenda
wa alaikum salam... benar...
16-03-2022
Mira Handani
Apa syarat bea balik nama kendaraan bermotor. STNK motor atas nama orang yang tidak kita ketahui keberadaan nya
18-03-2022
Admin Bapenda
sampai dengan tgl 15 Juni 2022 biaya balik nama kendaraan GRATIS. Syarat Balik Nama KTP Asli pemilik baru, STNK Asli, BPKB asli dan kendaraan di hadirkan untuk cek fisik urusan balik nama di lakukan di Ditlantas Nipah padang Bisa juga di samsat di daerah tapi berkas akan dikirim juga ke Ditlantas Nipah padang Jika terjadi penggantian BPKB, STNK, Nopol maka tetap di beli mohon maaf kami tidak tau berapa biayanya karena bukan ranah Pemda BPKB STNK, Nopol dan mutasi adalah ranah kepolisian
16-03-2022
Mira Handani
Bagaimana syarat bea balik nama motor. STNK motor atas nama orang yg tidak kita ketahui keberadaan nya
18-03-2022
Admin Bapenda
sampai dengan tgl 15 Juni 2022 biaya balik nama kendaraan GRATIS. Syarat Balik Nama KTP Asli pemilik baru, STNK Asli, BPKB asli dan kendaraan di hadirkan untuk cek fisik urusan balik nama di lakukan di Ditlantas Nipah padang Bisa juga di samsat di daerah tapi berkas akan dikirim juga ke Ditlantas Nipah padang Jika terjadi penggantian BPKB, STNK, Nopol maka tetap di beli mohon maaf kami tidak tau berapa biayanya karena bukan ranah Pemda BPKB STNK, Nopol dan mutasi adalah ranah kepolisian
15-03-2022
Rahmat hudaya
Assalamualaikum admin.. Mohon info syarat untuk blokir stnk mobil. Terimakasih
18-03-2022
Admin Bapenda
wa alaikum salam... lapor ke samsat dimana kendaraan terdaftar ke bagian penagihan bawa KTP asli dan materai lalu isi blanko yg sudah disediakan .. demikian
15-03-2022
Abd rahman
Saya kecewa sekali dengan petugas samsat ,sudah sebulan lebih bpkb dan stnk saya di samsat tapi belum dproses juga pembayaaran pajakny, alasanny inilah itulah,padahal uangny dan persaratannya sudah saya kasih,dan tadi saya dikasih kabar kalau nggak jdi diproses pembayaran pajak saya serta ganti plat nomor,dan uang sama bpkb dan stnk saya dijanjikan akan dikembalikan besok, jadi saya mohon kepada bapak/ibu petugas ini gimana ceritanya kok bisa kayak gitu, padahal saya sudah menunggu sebulan dan saya butuh untuk persyaratan pinjaman ke bank
18-03-2022
Admin Bapenda
mohon maaf... sebaiknya kami sarankan untuk mengurus sendiri urusan pajak kendaraan di kantor samsat... jangan melalui calo... demikian...
15-03-2022
Abd rahman saleh
Saya mau bertanya,apakah pengurusan pajak kendaraan mobil di sumbar itu memang lama apa nggak,soalnya sudah sebulan saya bayar pajak ke samsat tapi sampai sekarang belum selesai,dudah berulang kali saya tanyakan kepada petugas samsat tsb tapi masih belum selesai dan bpkb stnk saya masih dproses katanya, dan tadi saya telpon petugas di samsat tersebut katanya nggak bisa diproses dan dijanjikan uang saya sama bpkb dan stnk yg sudah saya kasih kesamsat dibalikan besok, nah ini gimana sih pengurusannya kok bisa kayak gitu nggak diproses" dan akhirnya di cancel juga
18-03-2022
Admin Bapenda
mohon maaf... kami perlu kronologis yg lebih detail... silakan chat langsung dengan admin.. demikian
10-03-2022
Susantoerizal
Assalamualaikum,pak saya mau bayar kir mobil , gimana cara nya pak mohon pencerahannya terimakasih atas perhatiannya
11-03-2022
Admin Bapenda
Wa alaikum salam... mohon maaf untuk kir bukan kewenangan Badan Pendapatan Daerah prov... tapi kewenangan Dinas Perhubungan... salam
08-03-2022
Dodit suprianto
pagi min,,saya mau tanya berapa biaya balik nama dalam kota min?
11-03-2022
Admin Bapenda
sampai dengan tgl 15 Maret 2022 biaya balik nama kendaraan GRATIS. Syarat Balik Nama KTP Asli pemilik baru, STNK Asli, BPKB asli dan kendaraan di hadirkan untuk cek fisik urusan balik nama di lakukan di Ditlantas Nipah padang Bisa juga di samsat di daerah tapi berkas akan dikirim juga ke Ditlantas Nipah padang Untuk BPKB, STNK, Nopol tetap di beli mohon maaf kami tidak tau berapa biayanya karena bukan ranah Pemda BPKB, STNK, Nopol dan mutasi adalah ranah kepolisian
07-03-2022
assalamuaaikum admin, tolong info cara ganti plat baru tanpa membawa kenderaan ke samsat padang? karna saya di propinsi luar sumbar bisakah online ? trmakasih
11-03-2022
Admin Bapenda
Wa alaikum salam... syarat untuk ganti plat BPKB asli, STNK asli dan KTP asli sesuai dengan nama di STNK serta kendaraan harus di hadirkan untuk cek fisik... demikian
04-03-2022
Djufri
Saya mau tanya setiap 5 th sekali ganti plat no tnkb yg dibayar, setiap mau ambil tnkb baru kenapa samsat setempat minta tnkb lama dikembalikan? Sementara tnkb itu kan sdh hak milik kita pribadi
11-03-2022
Admin Bapenda
mohon maaf... TNKB ranah kepolisian... bukan ranah pemda...
01-03-2022
Anggit luhur pambudi
Pada aplikasi cek PAJAk terjadi eror . Tidak muncul jumlah nominal,jenis motor Yang muncul hanya tulisan textview. Mohon segera di perbaiki
11-03-2022
Admin Bapenda
silakan chat dengan admin
24-02-2022
Busril
STNK hilang bagaimana cara pengurusan?
11-03-2022
Admin Bapenda
buat laporan kehilangan di polsek, iklankan berita kehilangan di media masa lokal, bawa laporan polsek tsb dan kliping iklan kehilangan ke samsat dan bawa juga BPKB asli serta kendaraan untuk di cek fisik... nanti pihak kepolisian akan menerbitkan STNK duplikat... berapa biayanya kami tidak tau karena bukan ranah pemda tapi ranah kepolisian
24-02-2022
Algon
Pak saya mau tanya.apakah wajip pajak saat ini harus menunjuk kan kartu bukti vaksin. Soal nya bnyak yeman teman yang menayakan trimakasih pak.
18-03-2022
Admin Bapenda
untuk saat ini pembayaran pajak kendaraan belum ada syarat kartu bukti vaksin... demikian
22-02-2022
Febri Oktavia
Bagaimana cara balik nama BPKB motor? Dan berapa biayanya?
18-03-2022
Admin Bapenda
sampai dengan tgl 15 Juni 2022 biaya balik nama kendaraan GRATIS. Syarat Balik Nama KTP Asli pemilik baru, STNK Asli, BPKB asli dan kendaraan di hadirkan untuk cek fisik urusan balik nama di lakukan di Ditlantas Nipah padang Bisa juga di samsat di daerah tapi berkas akan dikirim juga ke Ditlantas Nipah padang Jika terjadi penggantian BPKB, STNK, Nopol maka tetap di beli mohon maaf kami tidak tau berapa biayanya karena bukan ranah Pemda BPKB STNK, Nopol dan mutasi adalah ranah kepolisian
22-02-2022
Wulandari ps
Pak saya mau nanya kalo saya mau byr pajak mobil saya tapi stnk msh atas nama pemilik pertama dan plat mobil jakarta bagaimana y? Truz juga kalo saya mau menghapus nama saya di identitas motor saya yang lama bagaimana pak, supaya saya tidak kena biaya progresif. Terimakasih
18-03-2022
Admin Bapenda
Jika kendaraan sudah di pindah tangan/dijual silakan lapor ke samsat dimana kendaraan terdaftar ke bagian penagihan bawa KTP asli dan materai lalu isi blanko yg sudah disediakan... demikian
17-02-2022
Hendry Rizki
Assalamualaikum bpk /ibu admin.. Saya mau nanya, plat mobil saya ternyata kembar dgn mobil orang lain.. Setiap saya cek di aplikasi ini, yg keluar selalu mobil orang lain tersebut.. Apakah plat mobil saya tidak terdaftar? Lalu bagaimana cara pengurusan pembayaran pajak nantinya? Mobil saya kijang lgx 2003 dengan plat BA 1413 LZ. Mohon pencerahan....
18-02-2022
Admin Bapenda
Waalaikukm salam bpk. No plat bpk sudah dapat di cek di aplikasi. Untuk kasus ini bpk disarankan melakukan pergantian nopol di kantor samsat.
16-02-2022
Afrizal
Saya baru beli mobil bekas tahun2000 pajak MATI 5 tahun.. saya mau urus PAjak.. tapi setelah saya cek tunggakan PAJAK diaplikasi ini tidak bisa... Mohon untuk pengecekan total BIAYA tunggakan pajak BA 1697qo min
17-02-2022
Admin Bapenda
Penghapusan denda masih berlaku sampai dengan 15 Maret 2022, manfaatkan kesempatan ini sesegera mungkin.
13-02-2022
Yasril
saya bertanya admin Gimana caranya pengurusan mutasi surat2 motor dari surabaya ke padang karna motor saya sudah di berada di padang karna saya sudah pulang kampung ..apakah bisa pengurusannya di padang surat mutasi kendaraan ?..
14-02-2022
Admin Bapenda
Cabut berkas kendaraan/ proses mutasi tersebut di samsat asal (Kota Surabaya), namun cek fisik bantuan dapat dilakukan di Samsat Padang setelah selesai pengurusan pada Kota Surabaya kemudian bapak bisa mendaftarkan kendaraan tersebut pada samsat tujuan (Samsat Padang) Persyaratannya dapat ditanyakan langsung di kantor samsat. Terimakasih
12-02-2022
Nurfadhillah a n
Admin saya mau byr pajak kendaraan yg sudah telat bayar,tp posisi saya skrg d pekanbaru bagaimna cara pembayrannya ya admin,smntr saya tdk bsa plg.. dan seharusnya tahun ini sudah ganti plat,dan motor sekarang di pekanbaru juga
14-02-2022
Admin Bapenda
Lakukan cek fisik bantuan di samsat pekanbaru, yang divalidasi oleh loket cek fisik di samsat asal. Selanjutnya dapat melakukan pengurusan di samsat asal. (Persyaratannya dapat di konfirm ke samsat asal)
10-02-2022
Doddy Alfayet
lembaga/badan kompeten untuk pengaduan buruknya PELAYANAN di SAMSAT PADANG KEMANA YA?
14-02-2022
Admin Bapenda
silakan ke https://www.lapor.go.id/
07-02-2022
Bayo Nasution
Assalamualaikum pak /Bu admin.. Mohon informasi dan petunjuk nya cara mendirikan loket pembayaran pajak tahunan sepeda motor dan mobil ? Atas respon baik serta petunjuk nya saya ucapkan terima kasih banyak.
08-02-2022
Admin Bapenda
Wa alaikum salam... sampai saat ini ini belum ada kebijakan atau regulasi yang membolehkan pendirian loket pembayaran pajak tahunan kepada masyarakat... demikian...
05-02-2022
Yolla Kesuma Putra
Gimana cara blokir STNK online
08-02-2022
Admin Bapenda
Blokir STNK dapat di lakukan di kantor Samsat dan sampai saat ini belum ada fasilitas untuk blokir STNK Online tersebut.
05-02-2022
Wahyu hidayat
Kalau mau melaporkan oknum samsat kota solok yang nakal,kemana harus melapor kan pak..terkait pembayaran pajak kendaraan
08-02-2022
Admin Bapenda
silakan ke https://www.lapor.go.id/
01-02-2022
Rahmat El Maman
Selamat siang pak/ibuk admin. Saya mau bertanya,pajak mobil saya jatuh tempo tanggal 6 februari 2022,sedangkan tanggal tersebut jatuhnya hari minggu.
03-02-2022
Admin Bapenda
Saat ini, sampai dengan tgl 15 maret 2022 ada program penghapusan denda pajak kendaraan bermotor untuk wilayah se_Sumatera Barat. Bapak dapat melakukan pembayaran sebelum tanggal 6 februari 2022 atau pada hari berikutnya sampai 15 Maret 2022, denda pajak tidak dikenakan kecuali denda SWDKLLJ tahun berjalan.
29-01-2022
Dicky hamzah
saya tinggal dipadang, dan sy mau bayar pajak mobil tp plat F (bogor), gmn caraya ya, bisa tolong jelasin pak?
31-01-2022
Admin Bapenda
Untuk kendaraan plat bogor pembayarannya di samsat bogor, karena kami tidak memiliki data kendaraannya.
28-01-2022
Ulil
Assalamu'alaikum Kami mau bertanya, apakah cek fisik bantuan bisa dipakai untuk perpanjangan 5 Th, Kebetulan kendaraanya lagi di riau dan platnya Ba padang, ? Atas bantuannya kami ucapkan Terima kaaih
28-01-2022
Admin Bapenda
Waalaikumsalam. Cek fisik bantuan dapat dilakukan tetapi divalidasi oleh loket cek fisik di samsat asal.
27-01-2022
Doni
Saya mau bayar pajak,serta memperbarui stnk sudah pas 5 tahun masa berlaku stnk,jadi saya mau urus pembayaran nya sekalian urus balik nama saya,,kira kira berapa jumlah uang yang harus disiapkan,mohon penjelasan nya admin,motor saya tahun 2016 bulan 11,tipe kendaraan honda vario150 cc.
27-01-2022
Admin Bapenda
Saat ini sampai dengan 15 Maret 2022 biaya BBN gratis. Pembelian BPKB dan stnk motor untuk jelasnya bisa ke Ditlantas/ petugas terkait.
25-01-2022
Imam Kurnia Shandy
Izin bertanya admin. Saya membeli motor bekas dan ingin membayar pajaknya yang terlambat serta ingin memperpanjang pajak 5 tahunan juga balik nama. Bagaimana langkahnya terlebih dahulu admin ?? Apakah saya perlu membawa ktp pemilik pertama motor tersebut? Terimakasih
26-01-2022
Admin Bapenda
sebaiknya balik nama dulu... proses balik nama di dirlantas nipah padang.. syaratnya KTP asli pemilik baru, BPKB asli, STNK asli dan kendaraan di bawa untuk cek fisik...
25-01-2022
Suci Rahmita
Assalamualaikum bapak/ ibu admin saya mau bertanya, saya ingin cek jumlah pajak motor tapi kenapa tidak muncul ya ? Apa harus registrasi dulu ? Terimakasih
25-01-2022
Admin Bapenda
Waalaikumsalam ibuk Suci Rahmita, untuk pengecekan pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan langsung melalui menu cek pajak dengan cara memasukkan nomor polisi kendaraan, jika nomor polisi tersebut terdaftar di sistem e-samsat sumbar maka akan dimunculkan nominal jumlah pajak kendaraannya, namun jika muncul notifikasi bahwa data tidak ditemukan maka ibu bisa langsung mendatangi samsat terdekat perihal data kendaraan ibu
16-12-2021
Ferdi
Saya ingin mutasi motor dari plat BM ke plat BA, caranya gmna ya?
16-12-2022
Admin Bapenda
Langkah awalnya silahkan bapak cabut berkas/file kendaraan tersebut di samsat asal dalam hal ini provinsi riau, setelah selesai pengurusan pada prov riau kemudian baru bapak bisa mendaftarkan kendaraan tersebut pada samsat tujuan ..untuk persyaratannya bapak dapat menanyakan langsung pada kantor samsat..terimakasih
16-12-2021
Refil Chaidir
Assalamualaikum Bapak/ Ibu admin. Mohon bertanya saya mau blokir pajak mobil saya yang sudah terjual. Bagaimana prosedurnya Bapak/ Ibu admin. Apakah cara blokirnya bisa secara online. Mohon penjelasannya Bapak/ Ibu admin. Terima Kasih
16-12-2021
Admin Bapenda
waalaikumsalam cara untuk melaporkan kendaraan yang sudah terjual, silahkan bapak mengunjungi kantor samsat, dimana kendaraan tersebut terdaftar, kemudian bapak akan mengisi form yang telah disediakan pada kantor samsat..mohon maaf bapak saat ini kami belum menyediakan form online untuk pemblokiran tersebut..terimakasih
16-12-2021
Mitra Frionda
Assalamu√°laikum . Proses mutasi dari Jateng ke Padang gmn pak buk?
16-12-2021
Admin Bapenda
waalaikumsalam,,langkah awalnya silahkan ibuk cabut berkas/file kendaraan tersebut di samsat asal dalam hal ini provinsi jawa tengah, setelah selesai pengurusan pada prov jawa tengah kemudian baru ibu bisa mendaftarkan kendaraan tersebut pada samsat tujuan dalam hal ini (kota Padang)..untuk persyaratannya ibuk dapat menanyakan langsung pada kantor samsat..terimakasih
16-12-2021
Khairul
Assalamualaikum,,Saya ingin bertanya ..saya baru balik nama kenderaan mobil dan di stnk tertulis PKB nya 1.8 dan ketika saya mau bayar pajak di tahun ini saya datang ke samsat kenapa di cek d samsat PKB nya 2.9 padahal ini baru kenderaan pertama saya, BA 1409 DA
16-12-2021
Admin Bapenda
Waalaikumsalam, setelah kami cek, kendaraan a.n bapak khairul ada 2,,dan nopol yang bapak ketikkan diatas terdaftar sebgai kendaraan dgn kepemilikan progresif 2..apabila bapak tidak memiliki kendaraan lain, silahkan laporkan ke samsat asal kendaraan tersebut terdaftar..terimakasih
16-12-2021
Bintang
Assalammualaikum bapak, maaf saya mau bertanya, bagaimana caranya untuk balik nama serta ganti plat dari solok ke plat padang apa saja syaratnya dan berapa besaran biayanya. Terimakasih bapak????
16-12-2021
Admin Bapenda
Langkah Balik nama antar kota kabupaten 1. Cabut file terlebih dahulu - jika kendaraan asalnya kota padang datangi ditlantas sumbar - jika kendaraan asalnya selain kota padang langsung saja ke samsat sesuai kota kabupaten tsb Untuk biaya cabut file kami tidak mengetahui karena ranahnya kepolisian 2. Setelah cabut file, datangi kantor samsat sesuai domisili di stnk lama untuk cetak fiskal keluar dan bayar pajak jika sudah masuk masa pembayarannya. Untuk info besaran pajak bisa di cek di https://dpkd.sumbarprov.go.id/info-pkb.html atau download aplikasi android kami di https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.sumbarprov.bkeuda.esamsatsumbar 3. Setelah fiskal terbit, datangi kantor ditlantas untuk beli bpkb baru 4. Setelah bpkb baru terbit kunjungi kantor samsat sesuai domisili barunya untuk membeli stnk dan plat Biaya plat stnk Roda 2 160.000 Roda 4 300.000 5. Setelah terbit stnk proses selesai Terima kasih