Pengumuman

Maintenance Backup Sistem Informasi Pemprov. Sumbar

27-05-2023


Digitalisasi layanan pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengalami perkembangan signifikan dari waktu ke waktu. Berbagai aplikasi elektronik sebagai bentuk inovasi bidang teknologi informasi terus bermunculan yang sekaligus merupakan upaya peningkatan kualitas diberbagai bidang pelayanan pemerintah daerah.

Untuk memastikan bahwa sistim informasi yang digunakan dapat beroperasi dengan lancar, salah satu dukungan yang harus disiapkan adalah tersedianya backup sistim informasi yang handal sesuai dengan standar yang diakui secara internasional.

Sejak tahun 2016, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menyiapkan backup beberapa sistim informasi pelayanan yang dikerjasamakan dengan PT. Moratelindo (perusahaan provider data centre dan jaringan) di Jakarta. Dan untuk memastikan bahwa backup sistim ini beroperasi dengan baik maka pemeliharaan sistim dilakukan secara berkala.

Pada Hari Sabtu, tanggal 27 Mei 2023, telah dilakukan pemeliharaan berkala backup sistim informasi pemerintah Provinsi Sumatera Barat di data center dan jaringan PT.Moratelindo di Jalan Jatinegara  Jakarta. Kegiatan pemeliharaan kali ini menjadi spesial karna mendapatkan kunjungan dari Kepala Badan Pendapatan, Bapak Maswar Dedi, AP, MSi yang langsung mengikuti kegiatan pemeliharaan tersebut. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sdr. Suhendri, S.Kom, MSC - Ka.UPTD SIPD Bapenda Prov.Sumbar, Sdr. Kamaruzaman S.Kom - Kasi Perangkat Keras UPTD SIPD Bapenda, Sdr. Tedi Rafdianto, S.Kom, M.Kom -  Fungsional Perencana Muda Bappeda Prov.Sumbar  dan Sdr.Lutfi, M.Kom dan Rizki, M.Kom Tim Teknis IT Bappeda.

Beberapa backup sistim informasi yang ditempatkan di Moratelindo Jakarta adalah : eSamsat, LPSE, Sipedal, siPaga, Sakato Plan, eDatabase, siMonevdocrenda.

Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan secara berkala untuk menjamin bahwa dukungan teknologi informasi memberikan kontribusi optimal peningkatan kualitas dan kinerja pemerintah (Hen)