Pengumuman

Bimtek Manajemen Pengelolaan Nomor Registrasi Ganda Kendaraan Bermotor Sumatra Barat

31-05-2022


Database adalah sumber data utama pengambilan kebijakan. Oleh karena itu database harus senantiasa dalam posisi akurasi dan presisi sehingga harus selalu diupdate seiring dengan dinamika organisasi dan masyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada hari Senin tanggal 30 Mei 2022, bertempat di Aula Kantor Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat diselenggarakan Bimbingan Teknis Manajemen Pengelolaan Nomor Registrasi Ganda Kendaraan Bermotor Sumatera Barat. Hadir dalam acara tersebut Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Bpk. Kombes Pol Hilman Wijaya, S.Ik. MH, Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat Bpk. Maswar Dedi, AP, M.Si. Peserta dalam acara tersebut adalah para Kanit Regident Polres dan Polresta se-Sumatera Barat didampingi admin aplikasi ERI, pada Ka. UPTD PPD Bapenda Provinsi Sumatera Barat didampingi admin eSamsat.

Dalam sambutannya, Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Bpk. Kombes Pol Hilman Wijaya, S.Ik menyampaikan bahwa Koordinasi seluruh komponen dalam kantor bersama SAMSAT sangat di utamakan dalam rangka penyelenggaraan pelayanan masyarakat. Bekerja sama dan sama sama bekerja harus ditafsirkan dalam makan positif yang membangun kinerja SAMSAT. Dirlantas Polda Sumbar menyarankan agar kegiatan Bimtek ini untuk dapat dilaksanakan secara regular sehingga kualitas teknis pelayanan, soliditas dan silaturahi tim SAMSAT serta dapat terus ditingkatkan.

Kepala Badan Pendapatan Daerah, Bpk. Maswar Dedi, AP, M.Si, menyampaikan bahwa kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor masih rendah sehingga perlu upaya upaya optimalisasi. Razia kendaraan yang belum mematuhi membayar pajak kendaraan akan diintensifkan dimasa yang akan datang. Program dan kegiatan optimalisasi tersebut juga akan dilakukan secara regular setiap bulan. Pada kesempatan tersebut Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat membuka secara resmi Bimtek Manajemen Pengelolaan Nomor Registrasi Ganda Kendaraan Bermotor Suamtera Barat.

Materi utama Bimtek disampaikan pada sesi setelah istirahat oleh trainer Korlantas RI tentang aspek-aspek Registrasi dan Indentifikan Kendaraan Bermotor. Narasumber lainnya adalah tentang teknis pengelolaan nomor registrasi ganda kendaraan bermotor. Manajemen pengelolaan nomor registrasi ganda ini diimplememtasikan pada aplikasi ERI (Electronic Registration and Identification) dan e-Samsat.

Dengan diselenggarakanya Bimtek ini akan dapat meningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat melalui akurasi data kendaraan bermotor, peningkatan koordinasi seluruh unsur-unsur di SAMSAT (Hendri bapenda)