Pengumuman

Rapat koordinasi integrasi sistem informasi e-Samsat, SIP-Sakato dan MyPertamina

07-04-2022


Dalam upaya mewujudkan gagasan pendistribusian BBM bersubsidi agar lebih tepat sasaran melalui integrasi sistem informasi MyPertamina, e-Samsat dan SIP-Sakato maka pada hari Kamis tanggal 7 April 2022 dilakukan pertemuan koordinasi antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan PT.Pertamina.

Pertemuan tersebut diadakan di Graha Pertamina, Jl. Medan Merdeka Tim., RT.6/RW.1, Gambir, Central Jakarta City, Jakarta. Wakil Gubernur Sumatera Barat,  Bapak. Audy Joinaldy memimpin langsung tim dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan didampingi oleh Bapak. Kepala Badan Pendapatan Daerah, Maswar Dedi dan Kepala Kantor Perwakilan Prov. Sumbar Bapak Ari.

Dari Pertamia dihadiri oleh Vice Presiden Fuel Sales Bapak Sugeng Priyono beserta tim.

Pembahasan utama dalam pertemuan tersebut adalah tetang adanya gagasan  penyediaan tools bagi operator SPBU untuk memverifikasi apakah kendaraan bermotor bisa mendapatkan BBM subsidi atau tidak. Tools dimaksud dapat memberikan informasi data kendaraan yang bersumber dari database e-Samsat dan SIP Sakato yang terintegrasi dengan aplikasi MyPertamina.

Dari sisi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah dipresentasikan konsep dasar integrasi 3 sistem informasi tersebut dan dari sisi Pertamina juga dipresentasikan konsep pengawalan distribusi BBM subsidi yang sudah dirancang.

Secara umum kedua konsep tersebut dapat saling melengkapi dan dapat menjadi row model untuk dikembangkan lebih lanjut.

Sebelum diskusi detail teknis integrasi dimaksud, dalam waktu dekat akan lakukan MoU diantara kedua pihak dan pertemuan berikutnya akan lebih efektif dan efisien. (Hendri).