Pengumuman

Sumbar Terbaik No. 1 Dalam Penyelenggaraan Taspen Pemprov Se-Indonesia Pada Acara Penganugerahan Realisasi Apbd Dan Rakornas Keuangan Daerah Tahun 2022

02-06-2022


Kamis, 2 Juni 2022 di laksanakan acara Penganugerahan APBD dan Rakornas Keuangan Daerah Tahun 2022 Kementerian Dalam Negeri RI di Hotel Bidakara Jakarta.

Acara ini di buka oleh Menteri Dalam Negeri RI, Bapak Tito Kanarvian, di hadiri oleh Gubernur dan Bupati/Walikota yang didampingi oleh Kepala OPD Pengelola APBD Provinsi seluruh Indonesia yaitu Kepala Bapenda dan Kepala Pengelolaan Keuangan Daerah, Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, PT. Taspen dan Undangan Pengelola Keuangan lainnya.

Dari Provinsi Sumatera Barat acara ini di hadiri oleh Wakil Gubernur Bapak Audy Joinaldy, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Bapak Maswar Dedi dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Ibu Deliyarti.

Dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah bahwa keuangan merupakan daerah dalam menggerakan sebuah organisasi.

Dan jika di kaitkan dengan Kinerja PT. Taspen maka ASN merupakan entitas yang sangat penting, karena dengan iuran yang setiap bulan di bayarkan dan dikelola PT. Taspen dapat memberikan jaminan kepada ASN dalam menjalankan masa pensiunnya.

Pada kesempatan ini menteri dalam negeri menyampaikan bahwa situasi Covid-19 tetap melandai dan kita bersyukur bahwa Indonesia termasuk negara yang berhasil dalam penanganan dan pengendalian Covid-19 dengan pertumbuhan ekonomi yang tetap survive.

Pada Tahun 2021 dulu Indonesia masih mampu bertumbuh sebesar 3,69% dari pertumbuhan tahun sebelumnya tahun 2020 sebesar -2.07%.

Penggerak pertumbuhan ini dipengaruhi uang yang beredar pada masyarakat yang berasal dari APBD di seluruh daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota se Indonesia.

Menteri juga mengharapkan agar daerah dapat mengatur sedemikian rupa pentahapan belanja yang di bagi dalam bentuk aliran kas sepanjang tahun, agar uang dapat beredar di tengah masyarakat secara maksimal.

Berkaitan dengan pendapatan dengan sudah mulai pulihnya ekonomi masyarakat dari wabah Covid-19 maka secara perlahan juga akan bisa menaikan pendapatan daerah seperti di Kabupaten Bandung sekarang sudah mulai menggeliat pendapatan dari Sektor Pariwisata.

Selanjutnya pertumbuhan ekonomi ini juga dipengaruhi oleh penggunaan produk dalam negeri yang akan menggerakan pertumbuhan di sektor usaha mikro, usaha kecil dan koperasi.

Pada acara ini juga di berikan Anugerah kepada daerah baik Provinsi maupun Kab/Kota dengan realisasi pendapatan dan belanja terbaik serta penyelenggara Taspen terbaik.

Pada tahun ini Provinsi Sumatera Barat di anugerahi sebagai Provinsi dengan penyelenggaraan Taspen terbaik seluruh Indonesia yang penghargaannnya di terima langsung oleh Bapak Wakil Gubernur dengan reward berupa satu unit mobil ambulance yang akan dipakai untuk kebutuhan masyarakat Sumatera Barat.