Pengumuman

Rapat Koordinasi Ka.UPTD PPD Bapenda se Sumatera Barat Tentang Upaya Pencapaian Target dan Potensi PKB Tahun 2022 (Tahap 1)

17-06-2022


Kegiatan rapat koordinasi teknis penigkatan realisasi target dan potensi pajak kendaraan bermotor Sumatera Barat sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan secara berkala. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk memastikan bahwa pembayaran pajak kendaraan bermotor oleh wajib pajak terkendali dan termonitor sesuai dengan rencana pendapatan pajak daerah yang telah di tetapkan oleh pemerintah di awal tahun anggaran. Aktivitas pemantauan tersebut dapat dilaksanakan dengan efektif oleh seluruh pemangku kepentingan melalui berbagai platform aplikasi yang sudah dikembangkan (website, aplikasi personal computer, apliksi android dll).

Namun rapat koordinasi teknis kali ini sedikit berbeda dengan rapat koordinasi sebelumnya. Perbedaan tersebut terdapat pada mekanisme pelaksanaan rapat koordinasi. Rapat ini dibagi kedalam 2 (dua) sesi, setiap sesi diikuti oleh 9 Kepala UPTD PPD, tujuan pembagian kedalam 2 (dua) sesi ini adalah agar tersedia ruang yang cukup untuk penyampaian uraian tentang kinerja oleh setiap kepala UPTD PPD sekaligus tersedia waktu yang memadai untuk diskusi agar pendalaman kinerja UPTD PPD dapat dilakukan secara maksimal. Jika pada rapat koordinasi terdahulu hanya membahas tentang capaian realisasi PKB dari target yang sudah ditetapkan namun kali ini  setiap kepala UPTD memberikan presentasi tidak hanya tentang capaian kinerja realisasi target dan potensi saja namun juga estimasi peningkatan realisasi dari potensi yang tersedia. Estimasi kenaikan dimaksud diperkirakan dari realisasi BDU dan stabilitas kinerja UPTD hingga akhir tahun anggaran.

Rapat koordinasi teknis dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat Bapak Maswar Dedi, dihadiri oleh Sekretaris Bapenda, para Kepala Bidang dan Kepala UPTD Bapenda Se Sumatera Barat.

Rapat dilaksanakan di ruangan rapat Kepala Bapenda lantai II gedung Bapenda Prov. Sumbar Jln.Khatib Sulaimam 43 Padang.

9 UPTD yg hadir dalam rapat sesi I ini adalah :

  1. Sawahlunto
  2. painan
  3. Lubuk Basung
  4. Payakumbuh
  5. Pulau Punjung
  6. Padang Pariaman
  7. Kota Pariaman
  8. Padang Aro
  9. Bukittinggi

Diakhir rapat maksud didapatkan perkiraan peningkatan realisasi PKB dari setiap UPTD sebagai tambahan pembiayaan paa APBD-P maupun estimasi peningkatan PKB di tahun 2023 (Hendri bapenda)