Pengumuman

Bapenda Sumbar Gelar Implementasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Dashboard e-Pendapatan

23-02-2023


Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat melalui Bidang Retribusi Daerah dan UPTD SIPD melaksanakan kegiatan Implementasi Dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Terkait  Pengoperasian Aplikasi Dashboard e-Pendapatan di Aula pertemuan Bapenda Sumbar lantai 3, Rabu, 23 Februari 2023.

Kegiatan Implementasi dan Bimbingan Teknis Pengoperasian Aplikasi Dashboard e-Pendapatan  yang dibuka secara resmi oleh Kepala UPTD SIPD Bapenda Sumbar, Ahmad Suhendri selaku pengembang Aplikasi e-Pendapatan didampingi oleh Kasi Retribusi Ahmad Taufiq, dan Musa Adi Guna Head Grup Pengembangan Dana,Jasa & E-Bisnis Bank Nagari. Kegiatan tersebut di hadiri oleh Pejabat/ Petugas Pengelola Pendapatan pada masing- masing SKPD Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka percepatan implementasi sistem elektronik pendapatan daerah sehingga diharapkan informasi realiasasi pendapatan di Provinsi Sumatera Barat dapat diperoleh secara realtime. Selain itu juga sebagai tindak lanjut diterbitkannya Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Aplikasi Dashboard e-Pendapatan sendiri merupakan apalikasi perangkat lunak / Software yang didukung untuk merancang mendukung efektifitas pengeloaan keuangan daerah yang terintegrasi dengan rekening kas umum daerah (RKUD). Hadirnya aplikasi Dashboard e-pendapatan diharapkan memberikan manfaat terutama mengurangi resiko kesalahan pengimputan kode rekening dan kode penerimaan serta dapat memudahkan monitoring realisasi pendapatan seluruh SKPD oleh pimpinan daerah. Selain itu aplikasi e-Pendapatan juga terintegrasi dengan aplikasi e-Pembangunan yang memuat realisasi pendapatan daerah dan belanja daerah yang kembangkan oleh Bappeda Sumbar.

Ahmad Suhendri dalam sabutannya mengatakan aplikasi dhasboard e-pendapatan nantinya akan terus dikembangkan susai dengan kebutuhan terutama terkait dengan penataan virtual Akun (VA), Integtasi ke aplikasi lain, serta Peningkatan kualitas data dan informasi.

Setelah pembukaan, acara di lanjutakan dengan penyampaian materi bimbingan yang disampaikan oleh Tim pengembang aplikasi dari UPTD SIPD Bapenda Sumbar  Aziz Suezrian,S.Kom dan Tim IT Bank Nagari.