Pengumuman

Koordinasi Pemungutan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor Wilayah Sumbagut Tahun 2022

19-01-2023


PT.Pertamina Patra Niaga Wilayah Sumatera Bagian Utara yang meliputi Provinsi Aceh, Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri menyelenggaran Rapat Koordinasi Pemungutan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) tahun 2022. Kegiatan dimaksud dilaksanakan di Batam Kepri pada tanggal 17-19 Januari 2023 yang diawali dengan rekonsiliasi realisasi PBBKB Triwulan IV 2022.

Rapat koordinasi dihadiri oleh Kepala Bapenda 5 Provinsi Wilayah Sumbagut dan Executive General Manager PT. Pertamina Patra Niaga Wilayah Sumbagut, Freddy Anwar.

Dalam laporan realisasi PBBKB tahun 2022 oleh Bpk. Adrian dari Pertamina Patra Niaga, disampaikan bahwa capaian realisasi PBBKB diatas target yang telah ditetapkan (over target). Capaian ini menunjukan kerjasama yang telah dijalankan terlaksana dengan sangat baik. Khusus untuk Provinsi Sumbar capaian ini terealisir 107 % dari target sebesar 539 M.

Dalam sambutan Ka.Bapenda dari 5 Provinsi Sumbagut menyatakan bahwa PBBKB memberikan kontribusi signifikan pada pendapatan daerah. Oleh karena itu perlu untuk terus ditingkatkan dan sekaligus ucapan terima kasih atas kerjasama yang baik tersebut.

Bpk.Maswar Dedi, Ka.Bapenda Provinsi Sumbar menyampaikan dalam sambutannya bahwa Pertamina Patra Niaga menyumbang 94 % PBBKB di Sumatera Barat. Dalam rangka upaya peningkatan PKB sekaligus peningkatan PBBKB, sedang dirancang inovasi SiBijak (beli minyak bayar pajak).

Kegiatan Rakor Pemungutan PBBKB tersebut akan dilaksanakan setiap tahun dan tahun 2024 Provinsi Sumatera Barat akan menjadi tuan rumah tempat pelaksanaan kegiatan. Semoga meriahnya kegiatan tahun ini akan memberikan motivasi untuk lebih meriah di tahun mendatang.