Pengumuman

Kunjungan Kerja Bapenda Sumbar Dalam Rangka Studi Tiru Layanan Samsat Digital Di Terminal Leuwipanjang

01-02-2024


Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik kesamsatan, Badan Pendapatan Daerah Prov. Sumbar melalui Kabid Perencanaan dan Pengembangan Pendapatan Daerah Yusta Noverison, S.Kom, MM, Bersama dengan Kepala UPTD SIPD  A. Suhendri, S.Kom, M.Sc dan Kepala UPTD PPD Padang melakukan kunjungan kerja ke Samsat Digital di Terminal Leuwipanjang, Bandung, Jawa Barat pada Senin, 29 Januari 2023 dan disambut langsung oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Pendapatan Dwi Agus Sulistyo, S.T., M.T. dan jajaran terkait.

Agenda kunjungan tersebut yaitu Benchmarking terkait dengan Inovasi layanan Samsat Digital Leuwipanjang yang merupakan Samsat pertama di Indonesia yang menyediakan layanan pembayaran pajak 5 (lima) tahunan secara drivethru, sehingga wajib pajak tidak perlu mengantri, fotocopy berkas dan mengisi formulir.

Inovasi yang baru saja di resmikan pada bulan agustus tahun 2023 kemarin mendapat atensi yang positif dari berbagai pihak termasuk Masyarakat sebagai pengguna layanan karena melalui inovasi ini  pemilik kendaraan dapat secara langsung melakukan registrasi sekaligus pembayaran pajak kendaraan bermotor mereka hanya dengan menempelkan KTP di mesin-mesin yang disediakan. Selain itu juga para wajib pajak tidak perlu mencetak bukti pembayaran pajak kendaraan tahunan karena akan dikirimkan lewat aplikasi email dan whatsapp langsung ke wajib pajak serta seluruh pembayarannya menggunakan pembayaran Non Tunai atau cashless, baik QRIS, virtual account dan atau mesin EDC atau kartu debit.

Inovasi ini merupakan suatu Langkah maju dalam Upaya percepatan dan peningkatan layanan pembayaran pajak kendaraan melalui pemanfaatan teknologi informasi kepada Masyarakat. Hal ini mendorong Bapenda Prov. Sumbar untuk mempelajari lebih jauh layanan inovasi Samsat Digital ini untuk kemudian replikasikan di wilayah Sumatera Barat.